Panlok 82 Makassar Siap Gelar Ujian SBMPTN 2018

TamalanreaNews.Com – Jelang pelaksanaan Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018, Panitia Lokal 82 Makassar terus melakukan persiapan-persiapan. Hingga saat ini, kesiapan panitia telah mencapai hampir seratus persen.

Hal ini terungkap dalam jumpa pers yang disampaikan oleh Seksi Humas Panlok 82 Makassar, di Kopi Broo Jalan Bonto Manai, Makassar, Minggu, 6/5/2018 pukul 13.30 WITA.

Hadir dalam jumpa pers ini Koordinator Humas Panlok 82 Makassar, Prof. Dr. Muhammad Jufri, (Dekan Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar) dan Wakil Koordinator Humas Panlok 82 Makassar, Ishaq Rahman (Kepala Unit Humas dan Protokoler Unhas).

Distribusi Peserta

Jumlah peserta yang terdaftar di Panlok 82 Makassar untuk SBMPTN 2018 adalah 51.800 peserta yang akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC). Dari jumlah, Panlok 82 Makassar telah menyiapkan sebanyak 2.542 ruangan dan 5.084 pengawas ruangan. Artinya, setiap ruangan akan diawasi oleh 2 orang pengawas.

Peserta UTBK terbagi dalam tiga sektor, yaitu Sektor UNM, UNHAS, dan Majene (UNSULBAR).

Untuk Sektor UNM, terdapat 19.790 peserta, yang terdiri dari peserta UTBC Sosial dan Humaniora (Soshum) 7.214 orang, Sains dan Teknologi (Saintek) 4.528 orang, dan Campuran 8.048 orang.

Untuk Sektor UNHAS, terdapat 28.460 peserta, dengan rincian Soshum 7.520 orang, Saintek 13.480 orang, dan Campuran 7.100 orang.

Sementara untuk Sektor Majene terdapat 2.450 peserta, yang terdiri atas 552 orang untuk Soshum, 664 orang untuk Saintek, dan 1.234 orang untuk Campuran.

Selain UTBC, juga akan diadakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Sebanyak 1.100 peserta telah terdaftar, dengan komposisi yang akan mengikuti ujian di Sektor UNM sebanyak 600 peserta dan Sektor Unhas sebanyak 500 peserta.

Koordinator Humas Panlok 82 Makassar, Prof. Muh. Jufri mengatakan bahwa jumlah peserta tahun ini mengalami kenaikan sebesar 7.96% dibanding peserta tahun lalu.

“Meskipun demikian, Panlok 82 intensif mengadakan koordinasi yang melibatkan empat perguruan tinggi, yaitu UNM, UNHAS, UIN Alauddin, dan UNSULBAR. Pada rapat koordinasi pada tanggal 30 April 2018 lalu, Rektor UNM selaku Koordinator Panlok 82, Prof. Dr. Husain Syam melakukan pengecekan langsung kesiapan setiap seksi. Secara umum kita siap,” kata Prof. Jufri.

Pengawasan Semakin Ketat

Untuk memastikan jalannya ujian yang jujur, Panlok 82 semakin memperketat pengawasan. Wakil Koordinator Humas Panlok 82 yang juga merupakan Kepala Humas Unhas, Ishaq Rahman, mengatakan bahwa peserta tidak dibenarkan membawa alat komunikasi dan alat elektronik apapun ke dalam ruangan ujian.

“Tahun lalu ditemukan ada yang coba membawa HP yang ukurannya seperti stip penghapus pensil. Sangat kecil. Itu kita evaluasi, sehingga tahun ini setiap peserta akan diperiksa lebih teliti,” kata Ishaq yang juga merupakan Dosen Ilmu Hubungan Internasional Unhas ini.

Pengamanan dan pengawasan SBMPTN dilaksanakan secara ketat oleh Seksi Pengamanan dan Transportasi dan Seksi Pengawasan. Pergerakan soal ujian dipantau dan dikawal secara ketat.

Himbauan Bagi Peserta

Menghadapi ujian yang akan berlangsung serentak pada hari Selasa nanti, panitia berharap agar peserta mempersiapkan beberapa hal.

“Yang paling penting adalah agar sehari sebelum pelaksanaan, setiap peserta telah mengunjungi ruangan tempatnya ujian. Sehingga pada hari pelaksanaan nantinya tidak kebingungan mencari ruangan,” pesan Prof. Jufri.

Selain itu, peserta juga diharapkan kejujurannya dalam melaksanakan dan mengikuti ujian SBMPTN. “Hanya belajar keras yang dapat membuat seorang dapat mengikuti ujian dengan baik dan lulus masuk PTN pilihannya,” Prof. Jufri menambahkan.

Ishaq Rahman juga menambahkan agar peserta tidak lupa membawa alat tulis sesuai standar yang telah disampaikan, serta membawa identitas diri yang dilengkapi foto diri. “Ini penting untuk verifikasi keabsahan identitas peserta pada saat sebelum ujian,” pesan Ishaq.(*)

Please follow and like us:
0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*